Cara Aktivasi Layanan Finansial m BCA Tanpa ke Bank

Fasilitas BCA Mobile milik Bank Central Asia (BCA) dapat diakses melalui ponsel. Tetapi, fitur-fitur di dalamnya baru dapat digunakan setelah aktivasi dilakukan. Tidak perlu repot mendatangi kantor cabang, nasabah dapat melakukan cara aktivasi layanan finansial m BCA tanpa ke bank.

Cara Registrasi Mobile Banking BCA (m-BCA)

Cara-Registrasi-Mobile-Banking-BCA-m-BCA

Sebelum berangkat menuju cara aktivasi layanan finansial m BCA tanpa ke bank, terlebih dahulu nasabah harus melakukan registrasi akun m-BCA.

Jika belum memiliki aplikasi BCA Mobile di ponsel, aplikasi dapat diunduh terlebih dahulu di Play Store untuk pengguna Android, sedangkan untuk pengguna iPhone aplikasi dapat diunduh di App Store.

Registrasi akun dapat dilakukan di kantor cabang BCA terdekat maupun melalui mesin ATM. Terlalu malas menunggu antrean di bank? Simak cara registrasi mobile banking BCA (m-BCA) hanya dengan kartu dan mesin ATM di bawah ini.

  1. Masukkan kartu ke dalam mesin ATM dan tekan PIN enam digit. Pada pilihan menu, pilih ‘Transaksi Lainnya’.
  2. Pilih ‘Daftar e-Banking’, kemudian pilih ‘Mobile Banking’.
  3. Baca klausul yang tertulis dengan saksama, tekan ‘Ya’ apabila setuju dengan klausul tersebut.
  4. Masukkan nomor HP untuk akun m-BCA, setelah selesai klik ‘Benar’.
  5. Masukkan PIN m-BCA sebanyak enam digit. Jangan memakai nomor HP, tanggal lahir, dan sejenisnya. Pilihlah kombinasi yang tidak mudah ditebak orang lain.
  6. Tekan kembali PIN yang sudah dimasukkan sebelumnya untuk mengonfirmasi.
  7. Tunggu sebentar sampai layar menampilkan tulisan ‘Konfirmasi Registrasi m-Banking BCA Berhasil’.
  8. Buka aplikasi BCA Mobile untuk melakukan verifikasi dan aktivasi.

Mengapa harus melakukan aktivasi akun? Ini diperlukan agar fitur dalam aplikasi BCA Mobile dapat digunakan. Lalu, bagaimana langkah-langkahnya?

  1. Pada layar utama aplikasi BCA Mobile, pilih menu ‘m-BCA’, kemudian pilih menu ‘m-Admin’, lalu tekan ‘OK’.
  2. Tekan ‘Aktivasi’ dan bacalah terlebih dahulu syarat dan ketentuan dengan saksama
  3. Tekan ‘Accept’ apabila setuju dengan syarat dan ketentuan tersebut.
  4. Masukkan 16 digit nomor kartu ATM, lalu tekan ‘OK’.
  5. Pastikan ketersediaan pulsa untuk mengirim SMS.
  6. Masukkan kode akses yang memuat huruf dan angka sejumlah enam digit. Setelah yang ke dua kali, tekan ‘OK’.
  7. Setelah itu, akan muncul pesan berisi “Selamat Datang di Layanan m-BCA”.
  8. Dengan demikian, proses aktivasi akun sudah selesai.

Cara Aktivasi Layanan Finansial m BCA Tanpa ke Bank

Cara-Aktivasi-Layanan-Finansial-m-BCA-Tanpa-ke-Bank-1

Setelah akun m-BCA aktif, fitur yang bisa digunakan hanyalah cek saldo dan bukan yang berhubungan transaksi keuangan. Untuk bisa melakukan transaksi seperti transfer, membeli pulsa, belanja online, dan sebagainya perlu melakukan aktivasi layanan finansial.

Cara aktivasi layanan finansial m BCA tanpa ke bank dapat disimak melalui tahapan-tahapan di bawah ini.

  1. Hubungi Halo BCA di nomor 1500888. Panggilan akan memakan tarif reguler sesuai provider, maka sediakan pulsa secukupnya.
  2. Sampaikan tujuan mengenai aktivasi transaksi finansial BCA Mobile.
  3. Petugas Halo BCA akan menjelaskan tahap aktivasi dan mengarahkan nasabah untuk menyerahkan dokumen melalui email.
  4. Dokumen terdiri dari foto KTP, foto diri dengan KTP, dan permohonan pengajuan aktivasi finansial m-BCA yang sudah dibubuhi tanda tangan.
  5. Kirim lampiran dokumen ke alamat email Halo BCA di  halobca@bca.co.id.
  6. Setelah dokumen diperiksa dan nasabah memenuhi persyaratan, pihak Halo BCA akan menyetujui permohonan aktivasi layanan finansial m-BCA.
  7. Bila ingin memastikan status permohonan, dapat menghubungi Halo BCA kembali di nomor yang sama.

Fitur-Fitur BCA Mobila

Fitur-Fitur-BCA-Mobila

Nasabah telah menyelesaikan cara aktivasi layanan finansial m BCA tanpa ke bank. Ini menandakan bahwa lima fitur utama pada aplikasi BCA Mobile sudah dapat digunakan untuk mengelola keuangan dan transaksi. Fitur-fitur tersebut di antaranya adalah:

1. m-Info

Fitur ini menampilkan informasi seputar saldo, mutasi rekening, rekening deposito, kurs, dan reksadana.

2. m-Transfer

Fitur ini memuat fungsi seputar kegiatan transfer, seperti melakukan transfer dana pada sesama rekening BCA, transfer ke bank lain, atau transfer melalui BCA Virtual Account.

3. m-Payment

Fitur ini memberi kemudahan seputar pembayaran tagihan, seperti pembayaran kartu kredit, asuransi, pendidikan, pinjaman online, PAM, PLN, pendidikan, dan sebagainya.

4. m-Commerce

Mirip m-Payment, fitur ini memberi kemudahan seputar pembayaran pulsa, token listrik atau PLN Prabayar, PLN Manual Advice, dan sebagainya.

5. m-Admin

Ftitur ini berisi menu untuk menukar PIN kartu ATM, memblokir kartu ATM, memblokir kartu kredit, mengontrol kartu kredit, dan sebagainya.

Keuntungan Memakai m-BCA

Keuntungan-Memakai-m-BCA

BCA sendiri memiliki sepuluh pilihan jenis tabungan, yaitu: Tahapan BCA, Tahapan Expresi, Tahapan Berjangka, Tahapan Gold, Tapres BCA, Simpanan Pelajar, Laku BCA, Tabungan BCA Dollar, Deposito Berjangka, dan Tabunganku. Setiap opsi memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri.

Di samping kemudahan cara aktivasi layaan finansial m-BCA tanpa ke bank, fasilitas ini membuat transaksi perbankan menjadi jauh lebih efisien. Selama jenis tabungan memenuhi kriteria, nasabah dapat merasakan keuntungan selama pemakaian seperti berikut ini.

1. Mudah dan Praktis

Apapun aktivitas transaksinya, selama ada ponsel dan internet memadai, berbagai keperluan transaksi dapat berjalan mudah dan praktis. Terkhusus proses transfer ke bank berbeda, tidak perlu memasukkan dan mencari kode bank. Cukup pilih tujuan bank lalu masukkan nomor rekening tujuan.

2. Tampilan Aplikasi yang User Friendly

Tampilan aplikasi dirancang agar tidak sulit dalam mengoperasikan fitur-fitur di dalamnya. Pengguna juga tidak butuh waktu lama untuk memahaminya.

3. Fitur Layanan Beragam

Mulai dari setor tunai, info promo dari BCA, cek saldo, dan berbagai macam transaksi lainnya dapat dinikmati dengan m-BCA.

4. Pembayaran Nontunai

Fitur ini sedang populer di tengah maraknya aktivitas digital atau virtual pada masa pandemi. Pembayaran untuk belanja online, misalnya, dapat dilakukan memakai m-BCA.

Bukan hanya transaksi, m-BCA terus beradaptasi terhadap kemajuan dalam masyarakat. Nasabah dapat menikmati kemudahan lain melalui m-BCA, seperti membayar pinjaman online dan melakukan top up saldo OVO dan/atau GoPay.

5. Keamanan Terjamin

Pada dasarnya, BCA Mobile sendiri telah memakai sistem keamanan tingkat tinggi untuk menjaga data para penggunanya.

Untuk mendukung sistem keamanan tersebut, pastikan setiap akses melalui m-BCA selalu menggunakan ponsel pribadi. Menggunakan gawai milik orang lain dapat menyebabkan penyalahgunaan akun. Selama kerahasiaan user ID dan PIN tidak disebar, semua data di dalam aplikasi tidak akan bocor.

Lebih jauh lagi, jangan mudah percaya pada transaksi mencurigakan dengan iming-iming yang masih abu-abu. Hal-hal seperti itu bisa jadi merupakan bagian dari penipuan.

Jika ada pihak tidak jelas mengatasnamakan dirinya berasal dari pihak Bank BCA dan menagih data-data pribadi, tidak perlu ditanggapi. Untuk memastikan kebenaran berita tersebut, dapat langsung segera menghubungi kontak Halo BCA di 1500888.

6. Tidak Memerlukan Biaya

Perlu diingat bahwa proses registrasi sampai proses aktivasi tidak dikenai biaya administrasi sepeser pun. Nasabah hanya perlu menyiapkan pulsa agar tidak memutus panggilan kepada petugas Halo BCA.

Begitu pula penggunaan fitur pada aplikasi, tidak dikenai biaya apapun. Hanya perlu kuota internet yang cukup dan sinyal internet yang baik agar pemakaian BCA Mobile tidak terkendala.

Namun, seperti pada dasarnya transaksi ke bank lain, transfer melalui m-BCA tetap dikenai biaya administrasi mulai Rp6.500.

Baca juga : Tema Kelas

Dengan adanya m-BCA, transaksi bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Mengetahui cara aktivasi layanan finansial m BCA tanpa ke bank membuat nasabah tidak perlu pontang-panting mengejar jam tutup bank atau kerepotan mencari mesin ATM.

Leave a Comment