9 Cara Listing Barang di Indomaret dengan Rapi & Tepat

Listing barang adalah sebuah metode yang mengharuskan seorang karyawan Indomaret menempatkan barang yang dijual dengan tepat. Cara listing barang di Indomaret memang tidak sembarang dilakukan karena ada banyak sekali aturan yang harus dilakukan oleh karyawan.

Cara mengatur barang di toko sebesar Indomaret memang memperhitungkan berbagai macam nilai estetika dan kapasitas dari rak display. Jadi, karyawan tidak bisa asal menatanya. Ada banyak aturan yang harus dilakukan sesuai apa yang diatur oleh management perusahaan.

Tujuan Melakukan Listing Barang

Tujuan-Melakukan-Listing-Barang Cara Listing Barang di Indomaret

Siapapun yang berbelanja di Indomaret, pasti semua barang yang ada di rak display sangat tertata dengan rapi lengkap dengan daftar harganya. Tentu saja apa yang dilihat oleh pembeli ini bukan tanpa sengaja, ya!

Apa yang dilihat oleh pembeli merupakan hasil dari  listing dari karyawan Indomaret. Melakukan listing sendiri merupakan pekerjaan yang diwajibkan oleh manajemen perusahaan Indomaret, ya!

Ada beberapa tujuan mengapa listing adalah hal yang diwajibkan oleh manajemen Indomaret, di antaranya adalah :

  1. Memudahkan siapapun yang datang ke Indomaret ketika pusing mencari barang yang hendak dibeli.
  2. Memudahkan karyawan Indomaret ketika mendisplay semua barang toko.
  3. Mengkategorisasikan barang sesuai dengan jenisnya pada satu tempat yang sama.
  4. Mengecek label harga yang terpampang di rak sesuai dengan apa yang ada di komputer
  5. Memudahkan pembeli melihat promo yang Indomaret tawarkan

Cara Listing Barang Indomaret Dengan Tepat

Melakukan listing bagi karyawan yang baru saja bekerja untuk pertama kalinya mungkin adalah hal yang sulit. Memang, pasti karyawan sudah melakukan training sebelumnya, namun jika ingin lebih menguasai ilmu atau teknik tentang listing yang tepat, cobalah untuk menggunakan beberapa cara seperti :

1. Cetaklah Semua Data Listing

Cetaklah-Semua-Data-Listing Cara Listing Barang di Indomaret

Sebelum seorang karyawan berusaha untuk melakukan listing, tentu saja hal pertama yang harus ia lakukan adalah mencetak label yang hendak dijadikan listing.

Cetaklah semua yang diperlukan untuk melakukan listing barang terlebih dahulu. Biasanya, label untuk melakukan listing bisa diprint di komputer. Carilah data yang paling terbaru dan buka pada menu yang memang sudah ada.

2. Lakukan Listing Secara Bertahap

Lakukan-Listing-Secara-Bertahap

Cara listing barang di Indomaret memang tidak mudah karena pekerjaan satu ini terbilang cukup rumit sehingga penuh dengan ketelitian dan waktu yang memang terbilang cukup lama. Jadi, seorang karyawan harus melakukan listing secara bertahap.

Mulailah dari satu rak dan selesaikan sampai semua  barang yang ada pada rak display tertata dengan rapi. Jangan sampai barang di rak satu digabung ke rak lainnya.

 Melakukan pelabelan yang bertahap ketika proses listing memudahkan karyawan dan konsumen juga tidak akan pusing dengan display barang.

3. Cobalah untuk Melisting Barang Dengan Memulainya Dari Rak Bawah

Cobalah-untuk-Melisting-Barang-Dengan-Memulainya-Dari-Rak-Bawah

Pada sebuah rak display, ada banyak sekali shelving dan ketika ingin menata barang, maka cobalah untuk memulainya dari posisi paling bawah.

Ketika sudah selesai melakukan listing di bagian bawah, maka lanjutkan ke tengah dan barulah ke atas. Berbeda dengan membersihkan rak yang mana bagian atasnya harus disentuh pertama kali baru ke tengah dan bawah, maka listing sebaiknya dilakukan dari bawah.

Membersihkan rak dari shelving paling atas sendiri memang ada tujuannya karena biasanya bagian atas rak adalah yang paling sering kotor. Jadi, kalau membersihkan dari yang paling bawah baru ke atas, pekerjaan tersebut akan menjadi sia-sia bukan?

4. Listing Barang Dimulai Dari Kiri ke Kanan

Listing-Barang-Dimulai-Dari-Kiri-ke-Kanan Cara Listing Barang di Indomaret

Selanjutnya nih Anda perlu memulai listing dari arah kiri dahulu, baru deh ke kanan. Hitungan baris yang ada pada setiap shelving bagusnya dimulai dari arah kiri ke kanan, bukan sebaliknya karena itu akan memudahkan pekerjaan karyawan Indomaret.

Sama halnya membaca buku nih yang dimulai dari kiri ke kanan, maka melakukan listingpun juga demikian, ya! Jadi, jangan sampai salah.

5. Letakkan Label Harga Sesuai Dengan Barang

Letakkan-Label-Harga-Sesuai-Dengan-Barang

Letak dari label harga harus disesuaikan dengan posisi barang yang didisplay, ya! Jangan sampai label harganya tidak sesuai dengan barang yang didisplay.

Jangan pula label harga tertukar dengan price tag pada barang yang ada di sebelahnya. Ketika seorang karyawan salah meletakkan label, hal ini akan mengundang banyak komplain dari pembeli.

Pasti sering mendengar keluhan dari pelanggan Indomaret yang merasa bahwa harga yang ditampilkan di rak display berbeda dengan apa yang ada di struk pembayaran. Kalau toko Indomaretnya tidak ingin mendapat komplain yang serupa, ada baiknya sih jika hindari kesalahan dalam meletakkan label harga.

6. Lakukan Listing Sesuai Keadaan Toko

Lakukan-Listing-Sesuai-Keadaan-Toko

Cara listing barang di Indomaret pada tahap yang ketiga ini maksudnya adalah perhatikan keadaan toko. Misal, jika Indomaret dalam kondisi yang sangat ramai oleh pengunjung, ada baiknya sih jika pekerjaan tersebut ditunda.

Alihkan pekerjaan listing dengan mengawasi keadaan toko atau bisa juga dengan membantu kasir, Sebaliknya nih, jika memang Indomaret sedang tidak ramai oleh pembeli, maka  bisa dilanjutkan proses listing yang sempat tertunda.

7. Segera Rapikan Barang yang Posisinya Berubah

Segera-Rapikan-Barang-yang- Posisinya-Berubah Cara Listing Barang di Indomaret

Setiap pengunjung Indomaret biasanya tidak hanya melihat koleksi barang yang ada di rak display, melainkan juga menyentuhnya.

Terkadang, selesai menyentuh atau bahkan sempat membawa barang tersebut namun tidak jadi dibeli, orang tersebut akan asal dalam meletakkan barang tersebut sesuai dengan tempatnya yang semula.

Nah, ketika ada perubahan yang demikian, maka segera tata kembali barang yang sudah berubah dari posisi semula.

Letakkan kembali barang yang tidak sesuai dengan kategorinya tersebut ke tempat yang tepat karena jika tidak diletakkan kembali, hal itu akan membuat konsumen bingung mengenai label harga dan produk yang tidak sesuai.

8. Ubah Barang Sesuai Listingan Terbaru

Ubah-Barang-Sesuai-Listingan-Terbaru

Pada umumnya, listingan dari manajemen Indomaret akan berubah kapan saja. Perubahan ini tidak menentu dan bisa sewaktu-waktu, menyesuaikan apa yang menjadi aturan dan ketentuan dari pihak manajemen.

Baca juga : Tema Kelas

Nah, jika hal ini terjadi pada, maka cara listing barang di Indomaret yang benar adalah dengan segera ubah tata letak produk dan menyesuaikan pada listing yang ada. Coba turunkan beberapa barang dan ubah lagi letak barang sesuai pada data listing terbaru yang diberikan oleh management.

9. Segera  Catat Harga yang Berubah

Segera-Catat-Harga-yang-Berubah Cara Listing Barang di Indomaret

Perubahan data listing dari manajemen ini memang sifatnya tidak menentu. Umumnya hal ini dikarenakan stok baru, stok tambahan atau harga terbaru. Nah, apabila ada harga yang dirasa tidak lagi sama dengan barang yang didisplay sesuai pada listing awal, catatlah segera.

Cobalah mencatat semua perubahan harganya dan cetak. Ganti label harga yang lama dengan price tag baru supaya Indomaret tidak mendapat komplain. Cermati mana saja yang labelnya perlu diganti dan jangan sampai ada yang terlewat.

Meski cara listing barang di Indomaret cenderung rumit, namun jika dipelajari lebih lanjut dan penuh kecermatan, pekerjaan ini tidak sulit, kok!

Beberapa cara yang harus dilakukan adalah cetak semua data listing, lakukan listing dengan bertahap, mulai dari rak bawah ke atas dan listing dari kiri ke kanan.

Setelah itu, letakkan label harga sesuai barangnya, listing sesuai kondisi toko, rapikan lagi barang yang posisinya berubah, ubah barang sesuai listing terbaru dan catat harganya yang berubah.

Leave a Comment