Cara Membaca Nominal Uang Jutaan Sesuai dengan Aturan

Cara membaca nominal uang jutaan mungkin sulit bagi sebagian orang yang belum memahaminya dengan baik. Penulisan angkanya saja harus disesuaikan dengan EBI (Ejaan Bahasa Indonesia) yang tepat dan sesuai aturan. Nah, biar lebih paham simak dulu pembahasan lengkapnya dibawah ini. 

Pengertian Nilai Nominal

Pengertian-Nilai-Nominal

Nilai Nominal merupakan nilai uang yang tertera pada instrumen keuangan dan mata uang. Nilai tersebut sangat mudah diketahui karena hanya perlu melihat angka yang sudah tertera. Misalnya, mata uang yang tertulis Rp 500,- dan Rp 1.000,- kedua mata uang tersebut masing-masing Rp 500,- dan Rp 1.000,-

Walaupun kedua mata uang berasal dari bahan dan biaya produksi yang sama, akan tetapi tetap saja nilai nominal yang dimiliki berbeda. Namun yang sering dipermasalahkan dan kurang dimengerti kebanyakan orang yaitu cara membaca nominal uang jutaan. 

Pada saat melakukan transaksi menggunakan ATM tertentu, banyak orang yang masih meminta bantuan satpam untuk membantu membaca nominal uang dalam jumlah jutaan. Bahkan ada juga orang yang tidak memahami cara penulisan nominal uang jutaan yang benar. 

Mungkin karena nominal jutaan terkenal memiliki jumlah nol yang cukup banyak. Namun, jika cara penulisan dan membacanya yang benar tidak dipahami dengan baik, tentunya akan membuat kesalahan bahkan kerugian pada saat melakukan transaksi keuangan dalam jumlah yang cukup besar. 

Mengenal Posisi Urutan Karakter Angka

Mengenal-Posisi-Urutan-Karakter-Angka

Sebelum belajar mengenai cara membaca nominal uang jutaan, pahami dulu mengenai urutan posisi karakter angka mulai dari satuan sampai jutaan. Urutannya adalah sebagai berikut:

  • Angka satuan (angka ke-1 dari kanan)
  • Angka puluhan (angka ke-2 dari kanan)
  • Angka ratusan (angka ke-3 dari kanan)
  • Angka ribuan (angka ke-4 dari kanan)
  • Angka puluhan ribu (angka ke-5 dari kanan)
  • Angka ratusan ribu (angka ke-6 dari kanan)
  • Angka jutaan (angka ke-7 dari kanan)

Cara Membaca Nominal Uang Jutaan dan Penulisannya

Cara-Membaca-Nominal-Uang-Jutaan-dan-Penulisannya

Untuk memudahkan dalam membaca nominal uang jutaan dengan baik, biasanya pada mata uang rupiah banyak terdapat simbol yang perlu dipahami. Berdasarkan standar internasional, penulisan mata uang rupiah ditulis dengan IDR (Indonesia Rupiah). 

Dalam penulisan standar internasional, biasanya nominal mata uang dikombinasikan dengan huruf. Misalnya 30K IDR, maka cara bacanya tiga puluh ribu rupiah. Simbol K kependekan kilo yang artinya seribu. Walaupun penulisannya terkesan sepele, namun pada kenyataannya masih banyak yang keliru. 

1. Simbol Rp

Simbol Rp untuk menuliskan nominal, selain berguna sebagai singkatan juga sebagai simbol mata uang itu sendiri. Penulisan Rp diletakkan pada bagian depan nominal uang dan berlaku pada posisi manapun dalam setiap kalimatnya baik di awal, tengan dan akhir. 

Berikut contoh penulisan dan cara membaca nominal uang jutaan yang mudah dipahami. 

NominalPembacaan
Rp1.000.000,00Satu juta rupiah
Rp1.100.000,00Satu juta seratus ribu rupiah
Rp1.850.000,00Satu juta delapan ratus lima puluh ribu rupiah
Rp3.652.000,00Tiga juta enam ratus lima puluh dua ribu rupiah
Rp9.740.000,00Sembilan juta tujuh ratus empat puluh ribu rupiah
Rp10.650.000,00Sepuluh juta enam ratus lima puluh ribu rupiah

2. Tidak Perlu ada Spasi Antara Rp dengan Nominal Uang

Sesuai dengan contoh nominal diatas, tulisan bilangan sesudah simbol Rp tidak perlu dipisah atau diberi jarak spasi. Tujuannya untuk mencegah kecurangan dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Karena dengan menggunakan spasi, kemungkinan pihak bisa menambah angka bilangan. 

3. Menggunakan Tanda Titik (.) untuk Memisahkan Angka Ribuan-Jutaan

Dalam membaca dan menulis nominal mata uang, diperlukan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan. Bilangan ribuan merupakan bilangan nol yang berjumlah sebanyak tiga buah. Contohnya Rp2.000.000,00 bacanya (dua juta rupiah). 

4. Akhir Bilangan Ditambahkan Koma (,)

Setelah menuliskan uang, sebaiknya beri tanda koma setelah bilangan sebagai tanda desimal. Biasanya ketelitian desimal terdiri atas dua angka nol yang terletak di belakang koma. Seperti contoh penulisan sebelumnya, bagian belakang ditambahkan (,00) cara bacanya “koma nol nol”.

5. Cara membaca nominal uang jutaan dengan Pemakaian Garis Miring di Akhir 

Biasanya dalam menunjukkan nilai nominal, bagian belakang ditambahkan dengan garis miring untuk mengganti per atau kata tiap. Tapi penulisannya tidak perlu dipisahkan dengan spasi. Contoh nominal dengan tambahan “per” dan cara bacanya seperti:

Rp16.000.000,00/lembar cara bacanya menjadi (enam belas juta rupiah per lembar)

Rp15.560.000,00/biji cara bacanya (lima belas juta lima ratus enam puluh ribu rupiah per biji)

Rp13.640.000,00/pohon cara baca (tiga belas juta enam ratus empat puluh ribu rupiah per pohon)

6. Penulisan dengan Menggunakan Huruf

Ketika menulis nominal menggunakan angka, ejaan dan juga simbol mata uang yang tidak bisa digunakan, misalnya Rp6.000.000,00 (penulisannya yang benar) tidak bisa ditulis dengan Rp. enam juta rupiah. Kedua angka dan huruf digabungkan saja menjadi sebuah angka besar. 

Misalnya 50 juta rupiah, 95 juta rupiah atau 67 juta lima ratus ribu rupiah. Metode untuk menulis nominal tersebut tidak bisa dilakukan pada dokumen resmi kontrak atau kwitansi. Contohnya Rp9.000.000,00 (sembilan juta rupiah). 

Memahami Cara Penggunaan Separator Angka

Memahami-Cara-Penggunaan-Separator-Angka

Ada aspek penting lagi yang perlu dipelajari dan dipahami agar bisa mengenali dan membaca nominal uang dengan benar, yaitu separator angka. Penggunaan separator angka untuk dapat memisahkan tiap tiga digit angka mulai dari sebelah kanan dalam sebuah urutan karakter angka. 

Separator angka tersebut untuk dapat memisahkan kelompok angka puluhan, ribuan, jutaan sampai dengan triliunan dan seterusnya. Di Indonesia sendiri penggunaan separator angka ditandai dengan sebuah titik (.). Contoh penggunaan separator angka, yaitu. 

678.678.678.678.678 

Dari sisi kanan menunjukkan separator angka triliunan, separator angka milyaran, separator angka jutaan dan separator angka ribuan. Melalui pengenalan karakter angka tersebut, Anda akan lebih mudah dalam membaca nominal angka uang dalam jumlah banyak sampai dengan triliunan sekalipun. 

Macam-Macam Penyebutan Angka dan Cara Membaca Nominal Uang Jutaan

Macam-Macam-Penyebutan-Angka-dan-Cara-Membaca-Nominal-Uang-Jutaan

Aspek selanjutnya yang perlu dipahami untuk mempermudah membaca nominal uang dalam jumlah jutaan bahkan triliunan yaitu penyebutan angka. Angka berikut pasti sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi Anda yang bekerja di dunia keuangan harus mengenalnya dengan benar. 

  • 100 = Seratus
  • 10.000 = Sepuluh Ribu
  • 1.000.000 = Satu Juta
  • 10.000.000 = Sepuluh juta
  • 100.000.000 = Seratus Juta 
  • 1.000.000.000 = Satu Milyar
  • 1.000.000.000.000 =Satu Triliun
  • 1.000.000.000.000.000 =Satu Kuadriliun

Misalnya Anda menemukan angka terlalu panjang seperti 5788472.15. Di belakang angka pertama yaitu 5 ada 7 angka maka termasuk dalam angka puluhan juta. Cara bacanya yang tepat yaitu lima puluh tujuh juta delapan ratus delapan puluh delapan ribu empat ratus tujuh puluh dua koma lima belas.

Bagaimana, sudah paham cara membaca nominal uang jutaan? memang untuk memahaminya harus mengetahui arti simbol, penggunaan tanda titik dan koma yang tepat. Sebelum bisa membaca dengan baik, sebaiknya harus menguasai teknik penulisan nominal uang yang benar terlebih dahulu.

Leave a Comment