Begini Nih Cara Merubah Data di Bank BNI!

Cara Merubah Data di Bank BNI – Bank BNI merupakan suatu bank negeri yang populer di masyarakat Indonesia. Bank kece yang satu ini dikelola oleh suatu Badan Usaha Milik Negara atau yang biasa disingkat dengan BUMN.

Cara-Cek-Nomor-Referensi-Transfer-BNI

Satu hal yang paling membanggakan adalah pertama kalinya bank tersebut berhasil mencatatkan sahamnya di Bursa Efek di Jakarta serta Surabaya pada 25 tahun silam, yang mana hal tersebut membawanya menjadi perusahaan publik di Indonesia.

Bank BNI merupakan satu di antara bank milik pemerintah yang bertanggung jawab dalam melakukan usaha di bidang perbankan umum. Sejak didirikan pada tanggal 5 Juli 1946 alias 75 tahun silam, pada tahun 2019, bank yang satu ini telah mempunyai lebih dari 2.000 kantor cabang yang tersebar di Indonesia dan di luar negeri, dengan pusatnya di Jakarta.

Bank umum yang satu ini memiliki slogan tersendiri, yaitu “Melayani Negeri, Kebanggaan Bangsa”. Sesuai slogannya, selama 75 tahun sejak Bank BNI berdiri, bank yang satu ini telah memiliki pengalaman secara professional dalam melayani nasabah. Hal itu terlihat dari banyaknya fasilitas dan jenis layanan yang disediakan. Pada artikel kali ini, berikut ini informasi selengkapnya mengenai bank BNI, termasuk cara merubah data di Bank BNI.

Mengenal Bank BNI

Bank BNI memiliki empat layanan utama, yaitu simpanan, pinjaman, kartu kredit, dan simulasi.

Dalam hal layanan simpanan itu sendiri BNI menyediakan beberapa jenis layanan berupa BNI Taplus, BNI Taplus Bisnis, BNI Tappa, BNI Taplus Muda, BNI Taplus Muda Co-Brand, BNI Taplus Anak, BNI Taplus Anak Co-Brand, BNI Tapenas, BNI Pandai, BNI Haji, BNI Dollar, BNI Simpanan Pelajar, Tabunganku, BNI Deposito, BNI Simponi, Kartu Debit, Jasa-Jasa, serta Bancassurance.

Virtual-Account-BNI

Semua layanan yang ada itu disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda sebagai nasabah.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan tabungan Bank BNI untuk berbagai keperluan lain, seperti transfer dan terima uang dari rekening lain, membayar tagihan seperti listrik, air, pulsa, transaksi pembayaran e-commerce ketika sedang melakukan belanja online, serta melakukan top up virtual account. Caranya yaitu dengan menggunakan ATM, mendatangi kantor cabang, atau menggunakan SMS Banking, Internet Banking, maupun Mobile Banking.

Bahkan, BNI juga menyediakan fasilitas berupa BNI Smartpay untuk melakukan transaksi di lingkup e-commerce.

Cara Membuka Tabungan di BNI

Untuk membuka tabungan/membuat rekening di Bank BNI, tentu ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi, yaitu kartu identitas seperti KTP/KK/Kartu Pelajar/Paspor bagi WNA, uang untuk setoran awal tergantung tabungan yang Anda pilih (dari 5 ribu hingga 1 juta), dan surat keterangan domisili/surat keterangan kerja jika Anda ingin membuka tabungan di luar wilayah KTP setempat Anda.

BNI-Taplus-Muda-dari-BNI

Anda akan diminta untuk mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening, jika Anda datang langsung ke kantor cabang bank terdekat. Namun sebelum itu, tentukan jenis tabungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Rata-rata hal ini akan memakan waktu sekitar 1 jam atau kurang tergantung antreannya panjang atau tidak.

Namun, jika Anda ingin membuka tabungan secara online, Anda bisa mengunduh aplikasi BNI Mobile Banking dan memanfaatkan fitur “Buka Rekening BNI” sebagai nasabah baru hingga mendapatkan nomor rekening dan nomor kartu debit virtual. Jangan lupa lakukan aktivasi BNI Mobile Banking agar Anda dapat melakukan transaksi.

Cara Merubah Data Rekening Tabungan BNI

Jika ternyata data yang Anda lihat di rekening tidak sesuai dengan data yang ada di dokumen identitas yang Anda miliki, Anda dapat merubahnya dengan datang secara langsung ke kantor cabang terdekat. Anda cukup membawa buku rekening tabungan, kartu identitas, kartu ATM, serta bisa juga membawa kartu keluarga.

  1. Pergi ke kantor cabang terdekat
  2. Ambil nomor antrian dan tunggu dipanggil berdasarkan nomor antrian Anda.
  3. Jika sudah dipanggil, biasanya Anda akan diarahkan ke customer service.
  4. Jika ingin melakukan perubahan data atau/dan mengganti buku rekening tabungan, Anda akan dikenakan biaya administrasi sesuai dengan jenis rekening.
Cara-Menghitung-Bunga-Deposito-BNI

Mengenal Kartu Kredit BNI

Sebagai tambahan, Bank BNI juga menyediakan layanan kartu kredit. Jika Anda memiliki kartu kredit BNI, Anda dapat menggunakannya untuk transaksi di mana saja dan bahkan bersifat fleksibel alias bisa dicicil, menarik tunai di ATM, serta membayar beberapa tagihan bulanan secara bersamaan hanya dengan satu waktu. Sejauh ini terdapat 25 kartu kredit yang bisa Anda ajukan sesuai dengan kebutuhan Anda, dan tentunya memiliki keunggulan dan limitnya masing-masing.

  1. Kartu Reguler: BNI Visa Infinite, BNI Mastercard World, BNI Visa Signature, BNI Visa Platinum, BNI JCB Precious, BNI Style Titanium, BNI Silver and Gold Card, serta BNI American Express Business Card
  2. Co-Branding Card: BNI Garuda Card, BNI Telkomsel Card, BNI Pertamina Card, BNI Lottemart Card, BNI-Bank BJB, serta BNI Sumsel Babel.
  3. Affinity Card: BNI WWF Card, BNI HOG Card, BNI Bike to Work Card, BNI CSA Card, BNI UI Card, BNI GAMA Card, BNI ITB Card, BNI IKANAS STAN Card, BNI Affinity Card
  4. Corporate Card: BNI Corporate Card
  5. Kartu Tunai: BNI Kartu Tunai
Membayar-Tagihan-Kartu-Kredit-Langsung-ke-Kantor-Cabang-Bank

Cara Mengajukan Kartu Kredit BNI

Sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan kartu kredit, Anda harus memastikan bahwa Anda berusia antara 21-65 tahun untuk kartu utama, dan untuk kartu tambahan minimal 17 tahun. Selain itu, Anda harus memiliki penghasilan minimal 36 juta rupiah per tahun yang dibuktikan dengan bukti penghasilan, dan memiliki kartu identitas seperti KTP, SIM, dan NPWP.

Terkait pengajuannya disesuaikan dengan masing-masing kartu kredit yang tersedia di BNI. Untuk mengetahui info lebih lanjut silahkan kunjungi https://bni.co.id

Cara Merubah Data di Kartu Kredit BNI

Dalam hal pengajuan perubahan data di kartu kredit, prosesnya tidak melalui CS bank, tetapi melalui Call Center BNI (1500046) dan/atau email BNI.

Anda perlu melampirkan surat pernyataan pengkinian data yang mencakup nomor kartu kredit dan tanda tangan, KTP, NPWP, dokumen bukti penghasilan terbaru, serta foto kartu kredit bagian depan. Anda juga dapat melampirkan Akta Kelahiran dan/atau Kartu Keluarga agar lebih cepat diproses.

Cek Saldo Bank Mandiri Melalui BNI Mobile Banking

Jika dirasa sudah siap, silahkan mengajukan perubahan ataupun pengkinian data di kartu kredit melalui email pengkiniandata@bni.co.id atau website https://bit.ly/bniupdatedata.

Jika Anda mengajukan perubahan data via website, Anda cukup mengisi beberapa data yang diperlukan yaitu nomor kartu kredit serta nama pemiliknya, tempat dan tanggal lahir, NIK KTP, Nomor NPWP, informasi penghasilan per tahun, disertai lampiran KTP, NPWP, dan dokumen penghasilan terbaru.

Itulah beberapa informasi yang disampaikan mengenai Bank BNI. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, ya, terutama cara merubah data di Bank BNI.

Leave a Comment

x