Kelebihan dan Kekurangan Bank Sinarmas

Kelebihan dan Kekurangan Bank Sinarmas – Saat ini, dunia perbankan di Indonesia telah berkembang dengan cukup pesat. Hal ini tentu didukung oleh peran bank serta pemerintah dalam upaya mempercepat pergerakan ekonomi nasional.

Seperti yang sudah kita ketahui, kini banyak sekali bank yang beroperasi di Indonesia, baik bank swasta maupun bank pemerintah. Salah satu bank swasta yang cukup dikenal oleh masyarakat dari dulu hingga saat ini adalah Bank Sinarmas.

Nama Bank Sinarmas pasti sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, terutama masyarakat yang bergerak di bidang bisnis.

Kantor Bank Sinarmas

Bank yang satu ini memang sudah beroperasi cukup lama, yakni sejak 1989 dengan nama Bank Shinta Indonesia, sebelum berubah menjadi Bank Sinarmas pada tahun 2006.

Banyak sekali produk perbankan yang ditawarkan oleh Bank Sinarmas, yang meliputi berbagai jenis tabungan, asuransi, pinjaman, dan produk perbankan lainnya.  Oleh karena itu, banyak sekali nasabah yang mengandalkan Bank Sinarmas sebagai sarana utama dalam bertransaksi.

Berbicara tentang Bank Sinarmas, pada dasarnya sistem pengelolaan bank yang satu ini sama dengan bank lain di Indonesia. Seperti bank lain pada umumnya, Bank Sinarmas ini juga memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dan kekurangan ini sangat penting karena dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi calon nasabah.

Berikut telah kami rangkum ulasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan Bank Sinarmas.

Kelebihan Bank Sinarmas

Diantara banyak kelebihan Bank Sinarmas, berikut ini aset.co.id rangkumkan 4 kelebihan Bank Sinarmas:

  1. Jangkauan Yang Luas
  2. Produk Perbankan Yang Lengkap
  3. Tersedia Layanan Secara Online
  4. Terdaftar Serta dan Diawasi Oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
Cara cek saldo Bank Sinarmas lewat HP melalui aplikasi Simobi Bank Sinarmas

Jangkauan Yang Luas

Kelebihan atau keunggulan pertama yang dimiliki oleh Bank Sinarmas adalah bank ini memiliki jangkauan yang cukup luas di Indonesia. Faktanya, bank Sinarmas memiliki cabang di hampir seluruh 34 provinsi di Indonesia.

Teller Bank Sinarmas

Untuk itu, nasabah tidak perlu ragu karena Bank Sinarmas memiliki banyak sekali jaringan yang meliputi kantor cabang, kantor cabang pembantu, serta kantor kas yang tersebar di banyak daerah di Indonesia.

Produk Perbankan Yang Lengkap

Keunggulan selanjutnya yang dimiliki oleh Bank Sinarmas ini adalah produk perbankan yang sangat lengkap. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Bank Sinarmas menyediakan berbagai macam produk dan layanan perbankan yang mencakup tabungan, sekuritas, pinjaman, kartu kredit, asuransi, dan layanan lainnya.

Produk perbankan Sinarmas

Hal ini tentu sangat memudahkan, terutama bagi nasabah yang membutuhkan berbagai macam layanan perbankan dalam satu bank tanpa harus mengakses produk perbankan lain ke bank lainnya.

Tersedia Layanan Secara Online

Cara cek saldo Bank Sinarmas lewat HP melalui aplikasi Simobi Plus

Seiring dengan perkembangan teknologi digital, saat ini banyak sekali bank di Indonesia yang telah menyediakan layanan perbankan secara online, termasuk Bank Sinarmas.

Layanan online yang disediakan oleh Bank Sinarmas sangatlah lengkap, serta mencakup layanan perbankan berbasis mobile banking (melalui aplikasi ponsel pintar) ataupun internet banking (melalui browser komputer atau ponsel).

Berbagai layanan Bank Sinarmas yang dapat diakses secara online meliputi transfer tunai, informasi rekening, pembayaran tagihan, pembelian produk digital, dan masih banyak lagi.

Melalui layanan online ini, nasabah tidak perlu lagi datang ke kantor cabang Bank Sinarmas untuk melakukan aktivitas perbankan tertentu, karena sudah dapat diakses melalui satu genggaman saja.

Terdaftar Serta dan Diawasi Oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan nasabah dalam memilih layanan bank adalah pastikan bank yang dipilih sudah resmi terdaftar serta senantiasa diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

OJK Bank Sinarmas

OJK merupakan sebuah lembaga independen yang memiliki tugas utama dalam pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan berbagai aktivitas perbankan di Indonesia.

Apabila sebuah bank resmi terdaftar di OJK, dapat dipastikan bahwa bank tersebut     terselenggara secara teratur dan akuntabel, serta mampu menjaga keamanan aktivitas perbankan konsumen.

Kekurangan Bank Sinarmas

Diantara banyak Kekurangan Bank Sinarmas, berikut ini aset.co.id rangkumkan 2 Kekurangan Bank Sinarmas:

  1. Lokasi Mesin ATM yang Jauh
  2. Tidak Tersedia Layanan SMS Banking dan UMB

Lokasi Mesin ATM Jauh

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh Bank Sinarmas ini terletak pada lokasi mesin ATMnya. Meskipun memiliki jaringan serta jangkauan bank yang luas, lokasi mesin ATM Bank Sinarmas yang berdiri sendiri memang masih tergolong tidak sebanyak bank popular lainnya.

ATM Bank Sinarmas

Namun, calon nasabah tidak perlu ragu, karena layanan ATM Bank Sinarmas terhubung dengan ATM Bersama serta PRIMA, sehingga nasabah masih dapat mengakses layanan perbankan Bank Sinarmas melalui mesin ATM Bersama dan ATM Prima sudah hampir ada di seluruh Penjuru Indonesia.

Tidak Tersedia Layanan SMS Banking dan UMB

Cara cek saldo rekening Bank Sinarmas lewat HP melalui Sinarmas Internet Banking

Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh Bank Sinarmas ini adalah tidak tersedianya layanan perbankan digital berupa SMS Banking dan USSD Menu Browser (UMB).

Pada umumnya, layanan SMS Banking dan UMB ini dihadirkan agar layanan perbankan masih dapat diakses melalui ponsel tipe lama yang tidak terhubung dengan jaringan internet, atau bagi nasabah yang tinggal di lokasi dengan keterbatasan jaringan internet.

Layanan SMS Banking dan UMB ini memang tidak memerlukan jaringan internet, dan hanya memanfaatkan jaringan seluler dengan dikenakan biaya layanan tertentu.

Namun, calon nasabah tidak perlu khawatir, karena Bank Sinarmas juga menyediakan fitur perbankan digital lainnya seperti internet banking atau mobile banking. Banyak sekali layanan perbankan yang dapat diakses melalui internet banking dan mobile banking Bank Sinarmas (Simobi), semisal kita dapat melakukan cek saldo bank sinarmas lewat hp, yang dapat dengan mudah kita lakukan dengan menggunakan aplikasi simobi.

Bagi nasabah yang memiliki keterbatasan dalam jaringan internet, dapat memanfaatkan fitur Phone Banking, dengan menghubungi Sinarmas Care di nomor 1500153.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan Bank Sinarmas yang dapat dijadikan bahan pertimbangan terutama bagi Anda yang hendak memilih produk atau layanan dalam bank tertentu.

Dalam hal ini, Bank Sinarmas tentu dapat menjadi pertimbangan yang baik, mengingat banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh bank yang satu ini seperti yang sudah dijabarkan di atas.

Selain itu, Bank Sinarmas juga terus melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan perbankan bagi para nasabahnya.

Leave a Comment

x